Suami kerja bertahun-tahun tapi gak punya apa-apa atau tidak kerja lalu mau jadi apa nanti ?!!!.. Hal yg sering terdengar dari orang-orang yg merasa paling pintar mengatur keuangan rumah tangga dan sudah bisa memiliki segalanya setelah menikah. Kalau memang gak bisa punya apa-apa sampai usia pernikahan puluhan tahun terus kenapa ?.. Ada yang menikah/kawin tetapi tidak bertahan lama lalu berpisah dan hidup sendiri. Ada yang belum menikah menikmati hidup sukses tapi masa tua/sakitnya tidak ada yang mengurus/investasi anak2 tidak ada. . Ada yang sudah menikah, sukses, punya uang tapi tidak bisa memberikan yang pantas kepada orang tua/saudara-saudarinya. Ada yang menikah/punya anak namun tidak direstui orang tua. Ada yang direstui tapi tidak sepaham, tidak sehati, ditolak dengan ipar perempuan/laki2. Dan lain sebagainya. Jangan pukul rata pencapaianmu dengan orang lain dimana kamu ketika menikah sudah memiliki sega...
Komunikasi Efektif Dengan Orang Lain
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita/informasi antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami. Ada dua bentuk komunikasi yaitu lisan dan tertulis.
Elemen penting Komunikasi adalah :
1. Kejelasan
Persiapan, kata-kata/kalimat yang mudah untuk dipahami, data-data pendukung, tanggapan atau umpan balik.
2. Konsistensi
Tidak ada perbedaan atau pengecualian ataupun pilihan.
3. Peduli
Sepenuh hati, teladan, tutur kata, sikap, kalimat-kalimat positif.
Ciri-ciri Komunikasi efektif :
1. Pesan yang jelas/tepat
2. Pesan yang benar
3. Pesan yang lengkap dan tepat sasaran.
4. Keandalan
5. Pertimbangan penerima
Hindari :
1. Konfrontasi yaitu kalimat atau kata-kata pertentangan dan intonasi.
2. Konflik yaitu Identifikasi, masalah, dan menyinggung.
3. Ceroboh yaitu pesan atau informasi diberitahukan terlebih dahulu sebelum ditentukan atau diputuskan bersama.
Beberapa kesalahan umum dalam komunikasi :
1. Sebagai pengirim pesan
Berbicara cepat, tidak tersusun, banyak ide, tidak nyambung, terlalu pendek, informasi kurang, pengulangan kata/kalimat, mengabaikan pokok pembahasan, tidak sesuai dengan sudut pandang penerima.
2. Sebagai Penerima pesan
Mengabaikan, menjawab sebelum mendengar semua informasi, hanya diam saja/hanya sebagai pendengar saja, tidak fokus dan lain sebagainya.
Keterampilan Komunikasi :
Mengamati, mendengar dan memahami, percaya diri dan orang lain, umpan balik/merespon, bertutur kata lisan dan tulisan.
Dampak Positif dari membangun komunikasi yang efektif adalah Kesenangan, Mempengaruhi sikap, Hubungan sosial yang baik, tindakan sepadan, dan sepaham.
Komentar